Varikokel Adalah Penyakit Berbahaya, Yuk Cari Tahu Lebih Jelasnya!

Varikokel Adalah Penyakit Berbahaya, Yuk Cari Tahu Lebih Jelasnya!

Sumber : healtdetik.com

Pada umumnya varises menjadi masalah yang paling ditakuti oleh wanita. Namun, pria juga bisa punya varises, terutama pada testis mereka. Hal ini disebut dengan penyakit varikokel. Penyakit ini dapat menjadi salah satu faktor resiko masalah kesuburan pria.

Pengertian varikokel

Varikokel adalah sebuah kondisi dimana terjadi sebuah pembekakan pada pembuluh darah vena dalam kantong zakar atau skrotum. Pembekakan ini terjadi di skrotum yang berfungsi menahan testis serta mengandung arteri atau vena di saluran vena atau spermatic cord pada setiap testis di atas skrotum.

Darah yang dibawa oleh pembuluh darah dari testis menuju penis tersebut seharusnya tidak terasa, tetapi ketika terjadi varikokel pembuluh darah vena tersebut terlihat seperti banyak cacing dalam skrotum. Keadaan ini sama halnya dengan varises pada tungkai.

Menurut Alodokter bahwa varikokel adalah penyakit yang dapat terbentuk di usia sekitar 15 tahun sampai 25 tahun, dan kebanyakan ditemukan pada skrotum sebelah kiri. Akan tetapi, varikokel masih bisa terjadi pada kedua sisi skrotum. Seringkali varikokel tidak menimbulkan gejala dan tidak membahayakan nyawa, tetapi bisa menimbulkan mengecilnya testis sehingga dapat mengganggu kesuburan.

Meski demikian, beberapa pria dapat merasakan sensasi tidak nyaman atau bahkan nyeri pada buah zakar ketika berdiri atau beraktifitas fisik terlalu lama. Sensasi ini akan mereda saat berbaring. Di sisi lain, varikokel juga dapat menyebabkan skrotum membengkak.

Varikokel memiliki ukuran benjolan yang bermacam-macam.

  1. Tidak sedikit yang bisa dilihat langsung secara kasat mata.
  2. Ada juga yang perlu diraba terlebih dahulu.

Oleh karena itu, perlu bagi pria untuk melakukan pemeriksaan testis mandiri dengan rutin.

Varikokel pengaruhi kesuburan pria, alasannya?

Kesuburan pria dipengaruhi oleh kualitas sperma yang dihasilkan oleh testis di dalam buah zakar.  Kondisi ini terjadi karena aliran darah dari jantung menuju penis ketika pria mendapatkan rangsangan seksual akan menciptakan ereksi, dan disaat yang bersamaan, buah zakat tertarik ke dalam tubuh untuk mempersiapkan air mani.

Terjadi pembekakan pembuluh darah vena akibat varikokel menyebabkan katup pembuluh vena tidak bisa berfungsi optimal untuk mengembalikan darah ke jantung. Darah yang terjebak di area intim ini semakin lama akan meningkatkan suhu di sekitar testis dari suhu normal.

Dilansir dari Hellosehat bahwa supaya testis kloter dapat memproduksi kloter sperma yang sehat dan berkualitas, suhu di sekitar tidak boleh lebih dari 4 derajat diatas suhu normal tubuh. Walaupun hanya 1 derajat lebih tinggi, itu akan mengurangi jumlah sperma hingga 40%. Ketika ada satu saja kelainan pada sperma, baik itu bentuk yang rusak, jumlah yang kurang, dan gerak “renang” yang loyo dapat meningkatkan resiko kemandulan pada pria.

Oleh sebab itu, testis yang berada di luar tubuh pria ini dilindungi oleh skrotum, dimana sperma akan berada pada kondisi paling prima saat berada di lingkungan dingin, di bawah suhu normal.

Lalu, dapatkah semua pria yang menderita penyakit varikokel mengalami gangguan kesuburan? Tidak juga. Sebab kemandulan pria disebabkan oleh banyak faktor, berikut ini.

  1. Seberapa lama pasien mengidap varikokel.
  2. Tingkat keseriusan penyakit dan lokasi varikokel.
  3. Apakah hanya di satu sisi atau dua sisi skrotum sekaligus.

Dapatkah penyakit varikokel dicegah?

Sejauh ini belum ada cara untuk mencegah varikokel. Namun, anda bisa menurunkan resiko terjangkit penyakit satu ini.

  1. Bagi pria disarankan untuk selalu menjaga kesehatan organ vitalnya dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, terutama sayur dan buah yang kaya akan vitamin C,E,A dan zink.
  2. Hindarilah paparan zat kimia, listrik, radiasi terus menerus, berendam air panas dan pemakaian celana yang terlalu ketat untuk melindungi suhu buah zakar agar tetap normal atau bahkan ideal.

Berikut tadi, ulasan mengenai apa itu varikokel. Semoga bermanfaat bagi anda.

Charlie Gomez

Related Posts